Thursday, December 21, 2017

Lovebird tidak mau kawin | Lovebird Ngantuk |Lovebird tidak mau Ngekek

Para peternak lovebird sering mengalami apa yang namanya macet produksi. Harus kita pahami mengapa lovebird macet produksi atau mogok produksi. Beberapa yang sering dialami para peternak lovebird adalah :

1.      Lovebird sudah sering berduaan tapi tidak mau kawin.
Solusi nya : lakukan penjemuran setiap hari. Usahakan burung selalu dimandikan. Tambahkan ekstra fooding ganti sangkar dengan menggunakan sangkar kapsul.

2.      Lovebird betina jd agresif.
Solusinya : rutin mandikan indukan betina . Apabila perlu mandikan dengan cara ditangkap/dipegang namun harus hati hati karena ini bisa menyebabkan kematian bila tidak menggenggam burung dgn benar.

3.      Lovebird betina selalu lari ketika didekati jantan.
Solusi : pisahkan sementara. Lebih efektif  gunakan sangkar kapsul. Sehingga burung saling mengenal satu dengan yang lain.

4.      Lovebird tidak mau ngekek
Solusi : lakukan pengembunan sesering mungkin. Bila perlu setiap hari diantara pukul 5 sampai setengah 7 pagi. Jika telah selesai melakkukan pengembunan dipagi hari lanjutkan dengan proses pemandian. Setelah selesai langsung dikrodong. Lakukan perawatan harian seperti ini selama kurang lebih beberapa bulan. Nanti akan terlihat beberapa perubahan. Usahakan jika memiliki banyak lovebird dirumah jangan menggantung lovebird secara berdekatan. Karena ini akan mengakibatkan lovebird kehilangan semangat untuk lomba mengapa demikian. Hal ini disebabkan karena burung sudah terlalu sering terlihat antara satu dengan yang lain. Karena burung lovebird merupakan burung jenis koloni maka hal  ini harus sangat diperhatikan.

5.      Love bird jeruji ( Main disangkar )
Lakukan perawatan yang benar. Yaitu dengan melakukan perawatan pada burung lovebird usahakan burung anda jangan terlalu sering di ajak laber. Hal ini meningkatkan stres pada burung. Lebih parah bisa menyebabkan kematian coba lakukan rotasi pada tempat makan. Bila perlu ganti kandang lovebird anda.

6.      Lovebird tidur salto 
      Solusi : cek kondisi kesehatan burung. berikan ef yang baik hal ini bisa dikarenakan burung stress atau terjadi kesalahan dalam pola makan. Saya pernah mengalami kasus seperti ini setelah diteliti dan dicermati perilaku burung ini sering diakibatkan oleh kita sering mengganti posisi burung, pertama digantang posisi A kemudian selang 10 menit digantang diposisi B. Hal ini yang menyebabkan burung belum terlalu beradaptasi. Apalagi kita baru membeli burung, siburung baru mau adaptasi. Tapi udah kita pindah posisi burung belum adaptasi malah timbul stress pada burung. Hal ini sangat berbahaya. Usahakan meletakan burung dilokasi yang aman agar burung bisa nyaman tanpa banyak gangguan initinya pada kasus ini solusi terbaik adalah jangan menggangu ketenangan burung biarkan dia beradaptasi terlebih dahulu baru lakukan perawatan lanjutan.

Dan yang paling penting pastikan kandang dalam keadaan bersih dan terbebas dari angkrang atau kerengge. Hal ini bisa menyebabkan kematian pada burung kicau anda.

Lovebird saya dirumah udah game 1 pasang dihajar okeh kerengge. Padahal udah siap produksi. Kunci utama nya adalah ketelitian hal ini sangat penting jika kalian ingin terjun ke dunia kicau mania terlebih untuk burung love bird


EmoticonEmoticon