Wednesday, December 20, 2017

Kenari Julur Lidah | Macet Bunyi| Kenari OB

Banyak permasalahan yang muncul pada pecinta burung kenari.  Salah satu yang menyebabkan beberapa pecinta burung ini mengalami kebingungan. Terlebih ketika kita memiliki burung jagoan atau burung yang sudah pernah turun lomba. Stamina burung bagus. Penjemuran rutin. Namun burung hanya ngeriwik atau tidak mau bunyi sama sekali (Pengalaman pribadi).

Kepala pusing mana jagoan mau turun. Oke dari pada panjang lebar. Untuk lebih jelas. Mengapa burung kenari (kasus yg saya alami jenis f2) maklum untuk bertanya mengenai burung pada forum forum. Baik di forum online terlebih forum dunia nyata.
Gue : Bang kenapa burung q  kok ngk mau bunyi cuma ngeriwik padahal jemur rutin. Makanan. sawi telur ada diberikan.
Abang: kurang jemur aja tu burung nya. Diemin aja ntr bunyi sendiri.
Gue : anjirr... (dalem ati ) lu kira gue dablek apa. Burung ngk bunyi. Dibilang suruh biarin. Eh tau ngk tong bagi pemula yg mau dan ingin terjun kedunia burung atau kicau mania. Nemuin burung yg bunyi seharian tu pusing nya setengah mati. Lu sekate kate bilang suruh diemin.

Oke lanjut. Untuk pemula. Kalo kenari khusus nya jenis f2 yg gue alami skrng. Ni burung suka melet(julurin lidah) masalahnya tu ada di birahi burung nya. Kayak nya mau kawin tong. Etss tp ntr dulu. .. lu liatin dulu burung lo tu gmana.

Kyk kasus gue nih. Burung kenari gue nih setiap gue ngasih tmpt makan atau cepuk mamam nya. Itu ade aje tingkah nya. Yg matokin tangan. Ampe tu sayap di kepakin atau dilebarin. Nah dr sumber yg gue temuin. Dan yg pasti nih sumber kagak ngejerumusin. (Lh abang gue) nah ni burung kasus nye banyak tong. Gue rinci nihh..
Atu : nih burung ob ( istilah kicau nye over birahi ) bisa dikawinin ame burung kenari laen (jenis  kelamin) tp cara nya lame tong. Ampe dikasih rawatan harian diganti.

Untuk burung gue yg tadi tong. Rawatan harian gue ganti. Yg tdinya jemur setngah jam trus angin kerodong.  Gue ganti.
1. Stop ef (puyuh. Sawi. Dll)
2. Full krodong. Because nih burung keliataan masihb masa mabung juga.
3. Gue kasih timun bukan timun emas. Kalo timun emas ntr nelor cewek cantik gue ngiri. Tp klo dikasih timun kudu dinemur klo ngk menrencret burung lo tong.
4. Jgn dimandi krodong aje. Cek makanan dan aer minum jgn hbis.
Ini gue lakuin hampir seminggu. Alhamdulilah kenari gacorr pulihh..

Kseimpulan. Jgn bingung dlu kalo kenari macet bunyi
Liatin aja tu burung kenape.udah ketahuan melet. Tu burung pasti ob. Mandiin ampe kuyup. Krodong....
Kalo ada bulu yg jatohh. Liat aje tu artinye mau mabung. Krodong aje.
Liat kondisi burung lo pade klo ada bahan buat kawin kawinin aje.
Kadang untuk pemula memang sulit untum dijawab pertanyaan nya. Karena prinsip org pintar pelit ilmu tong. Hhehe

2 comments

Kenari saya sering melet2 gimana cara mengatasinya suhu tks

Kenari ane kasusnya sama, tapi udh di kawinin masih aja melet bang,


EmoticonEmoticon