Sekolah : SMKS
Bina Karya 2 Muntok
Mata Pelajaran :
Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
15 pertemuan (30 JP)
a.
Kompetensi Inti
KI.3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis. dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi din sebagai bagian Bari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
KI.4
|
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur
kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai
dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
|
b. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
|
3.3 Mengevaluasi
paragraf deskriptif, argumentatif. naratif, dan
persuasif.
|
3.3.1
|
Menjelaskan perangkat
lunak pengolah kata.
|
3.4 Menerapkan logika
dan operasi perhitungan data.
|
3.4.1
|
Menjelaskan perangkat
lunak pengolah angka.
|
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk
pembuatan slide.
|
3.5.1
|
Menjelaskan fitur
pembuatan slide presentasi.
|
3.6 Menerapkan teknik
presentasi yang efektif.
|
3.6.1
|
Menjelaskan teknik
presentasi.
|
4.3 Menyusun kembali
format dokumen pengolah kata.
|
4.3.1
|
Membuat dokumen dengan
program Microsoft Office Word.
|
4.4 Mengoperasikan
perangkat lunak pengolah angka.
|
4.4.1
|
Mengoperasikan
Microsoft Office Excel.
|
4.5 Membuat slide untuk presentasi.
|
4.5.1
|
Membuat slide sebagai
bahan presentasi.
|
4.6 Melakukan presentasi yang
efektif.
|
4.6.1
|
Melakukan presentasi
dengan bantuan slide.
|
c. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Program Aplikasi Pengolah
Kata, Pengolah Angka, dan Presentasi. peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
program pengolah kata, program pengolah angka, dan presentasi.
2. Menyusun format
paragraf menggunakan dokumen pengolah kata.
3. Mengolah tabel pada
program pengolah angka.
4. Membuat slide
presentasi dan melakukan presentasi yang efektif.
d. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Perangkat Lunak Pengolah
Kata (Microsoft Office Word 2007 dan Bagian-Bagian Microsoft Office Word 2007)
2. Pertemuan Kedua dan Ketiga
Perangkat Lunak Pengolah
Kata (Mengelola Dokumen Microsoft Office Word 2007 dan Memformat Dokumen)
3. Pertemuan Keempat dan Kelima
Perangkat Lunak Pengolah Angka (Pengenalan
Microsoft Office Excel 2007, Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Office Excel42007, dan Mengenal Operator pada Microsoft
Office Excel 2007)
4. Pertemuan Keenam dan Ketujuh
Perangkat Lunak Pengolah
Angka (Menggunakan Formula pada Microsoft Office Excel 2007 dan Menggunakan Fungsi pada
Microsoft Office Excel 2007)
5. Pertemuan Kedelapan
a. Perangkat Lunak Pengolah
Angka (Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif)
b.
Perangkat Lunak Presentasi (Pengenalan Microsoft Office PowerPoint 2007)
6. Pertemuan Kesembilan dan Kesepuluh
Perangkat Lunak Presentasi (Membuat Slide
Presentasi)
7. Pertemuan Kesebelas dan Kedua Belas
Perangkat Lunak Presentasi (Mengolah Slide Presentasi: Menyisipkan Audio
dan Video pada Slide Presentasi)
8. Pertemuan Ketiga Belas dan Keempat Belas
Perangkat Lunak Presentasi (Mengolah Slide
Presentasi: Mengatur Efek Animasi dan Transisi Slide, Durasi Presentasi, dan Membuat Tombol Navigasi pada Slide
Presentasi)
9. Pertemuan Kelima
Belas
Penilaian Harian 2
e. Metode Pembelajaran
Berpusat pada peserta didik (Active
Learning): demonstrasi, diskusi, dan praktik.
f. Media Pembelajaran
1. Gambar/ilustrasi, bacaan, dan lain-lain dalam
Modul Pembelajaran Simulasi dan
Komunikasi Digital SMK/MAK Kelas X Semester 1 terbitan
CV VIVA PAKARINDO
- Worksheet
- Lembar penilaian
- Laptop
- LCD
- Media pembelajaran lain yang relevan
g.
Sumber Belajar
1.
Buku teks bahan ajar siswa Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X
SMK/MAK
2.
Modul Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
SMK/MAK Kelas X Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO
3.
Buku pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital yang relevan
4.
Buku-buku lain yang relevan
5.
Sumber belajar lain yang relevan (media cetak dan elektronik, serta
lingkungan sekitar)
h.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
1.
Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan perangkat lunak pengolah kata.
c. Guru memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari perangkat lunak pengolah kata dalam kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
2.
Kegiatan Intl
a.
Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1)
Guru memberikan gambaran mengenai perangkat lunak pengolah kata dalam
kehidupan sehari-hari.
2)
Peserta didik mengamati Microsoft Office Word 2007.
3)
Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan Microsoft Office Word
2007.
b.
Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang
berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya:
1)
Apa saja fungsi Microsoft Office Word 2007?
2)
Apa saja bagian-bagian dari Microsoft Office Word 2007?
c.
Pengumpulan Data (Data Collection)
1)
Peserta
didik mencari informasi mengenai Microsoft Office Word 2007 dan
bagian-bagiannya.
2)
Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi perangkat lunak pengolah kata.
d.
Pengolahan Data (Data Processing)
1)
Peserta didik berdiskusi mengenai bagian-bagian Microsoft Office Word
2007.
2)
Peserta didik mengoperasikan tiap-tiap bagian dari Microsoft Office Word 2007.
e.
Pembuktian (Verification)
Peserta didik dan guru
bersama-sama memverifikasi informasi mengenai fungsi dan bagian-bagian Microsoft Office Word 2007.
f.
Menarik Kesimpulan (Generalization)
1)
Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.
2)
Peserta didik• bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan materi Microsoft
Office Word 2007 dan bagian-bagiannya yang akan selesai dipelajari.
3)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
bagian-bagian Microsoft Office Word 2007.
3. Penutup
a. Peserta Didik
1)
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perangkat lunak pengolah
kata yaitu Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya.
2)
Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di
luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa has tugas peserta didik untuk materi
Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Microsoft Office Word 2007
dan bagianbagiannya kepada peserta didik
yang memiliki kinerja yang baik.
Pertemuan Kedua dan
ketiga (4 JP)
1. Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan cara mengelola
dokumen Microsoft Office Word
2007.
c. Guru memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam
kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
2. . Kegiatan Inti
Kegiatan 1
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1. Guru
meminta peserta didik mengamati cara mengelola dokumen Microsoft Office Word
2007.
2. Guru
memberikan gambaran mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
3. Guru
meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara
mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
b. Pernyataan/Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana membuat dokumen dengan
Microsoft Office Word 2007?
c. Pengumpulan Data (Data
Collection)
1) Peserta
didik mencari informasi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word
2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna
menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi cara mengelola dokumen Microsoft
Office Word 2007.
d. Pengolahan Data (Data
Processing)
1)
Peserta didik berdiskusi mengenai cara mengelola
dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Peserta didik mempraktikkan cara membuat dokumen baru, menyimpan
dokumen, membuka dokumen,
menyalin dokumen, memindahkan dokumen, mencetak dokumen, dan mengatur
batas margin halaman.
e. Pembuktian (Verification)
1) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi cara mengelola
dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi informasi mengenai
cara mengelola
dokumen Microsoft Office Word 2007.
f. . Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan
peserta didik.
2 Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan
dengan cara mengelola dokumen
Microsoft Office Word 2007 yang akan
selesai dipelajari.
3) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara
mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
Kegiatan 2
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati cara memformat dokumen.
2) Guru memberikan gambaran mengenai cara memformat dokumen dalam kehidupan
sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan cara memformat ' dokumen.
b.
Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya:
Bagaimana memformat dokumen dengan Microsoft Office Word 2007?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1)
Peserta didik mencari informasi mengenai cara memformat
dokumen.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi cara memformat dokumen.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
1)
Peserta didik rnempraktikkan cara membuat dokumen.
2)
Peserta didik mengerjakan tugas individu.
3)
Peserta didik mengerjakan soal-soal uji kompetensi.
e. Pembuktian (Verification)
1)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi cara
memformat dokumen.
2)
Peserta didik dan guru ber'ama-sama membahas hasil tugas individu dan
jawaban uji kompetensi.
f.. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1)
Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan
peserta didik.
2)
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan cara memformat dokumen
yang akan selesai dipelajari.
3)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara memformat dokumen.
3. Penutup
a. Peserta Didik
1) Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran cara
mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dan memformat dokumen.
2) Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan herikutnya di
luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi cara mengelola
dokumen Microsoft
Office Word 2007 dan memformat dokumen.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran cara mengelola dokumen
Microsoft
Office Word 2007 dan memformat
dokumen kepada peserta didik yang memiliki
kinerja yang baik.
EmoticonEmoticon