Saturday, December 23, 2017

RPP K13 SIMKOMDIG KD.3. MENGEVALUASI PARAGRAF DESKRIPTIF, ARGUMENTATIF. NARATIF, DAN PERSUASIF.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                      : SMKS Bina Karya 2 Muntok

Mata Pelajaran          : Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas/Semester      : X/1

Alokasi Waktu      : 15 pertemuan (30 JP)

a.    Kompetensi Inti

KI.3
Memahami, menerapkan, menganalisis. dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi din sebagai bagian Bari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI.4
Melaksanakan tugas spesifik dengan meng­gunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu me­laksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



b.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif. naratif, dan persuasif.
3.3.1
Menjelaskan perangkat lunak pengolah kata.
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data.
3.4.1
Menjelaskan perangkat lunak pengolah angka.
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide.
3.5.1
Menjelaskan fitur pembuatan slide presentasi.
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif.
3.6.1
Menjelaskan teknik presentasi.
4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata.
4.3.1
Membuat dokumen dengan program Microsoft Office Word.
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka.
4.4.1
Mengoperasikan Microsoft Office Excel.
4.5 Membuat slide untuk presentasi.
4.5.1
Membuat slide sebagai bahan presentasi.
4.6 Melakukan presentasi yang efektif.
4.6.1
Melakukan presentasi dengan bantuan slide.



c.   Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Program Aplikasi Pengolah Kata, Pengolah Angka, dan Presentasi. peserta didik dapat:

1.    Mengidentifikasi program pengolah kata, program pengolah angka, dan presentasi.

2.   Menyusun format paragraf menggunakan dokumen pengolah kata.

3.   Mengolah tabel pada program pengolah angka.

4.    Membuat slide presentasi dan melakukan presentasi yang efektif.



d.  Materi Pembelajaran

1.    Pertemuan Pertama

Perangkat Lunak Pengolah Kata (Microsoft Office Word 2007 dan Bagian-Bagian Microsoft Office Word 2007)

2.    Pertemuan Kedua dan Ketiga

Perangkat Lunak Pengolah Kata (Mengelola Dokumen Microsoft Office Word 2007 dan Memformat Dokumen)

3.    Pertemuan Keempat dan Kelima

Perangkat Lunak Pengolah Angka (Pengenalan Microsoft Office Excel 2007, Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Office Excel42007, dan Mengenal Operator pada Microsoft Office Excel 2007)

4.    Pertemuan Keenam dan Ketujuh

Perangkat Lunak Pengolah Angka (Menggunakan Formula pada Microsoft Office Excel 2007 dan Menggunakan Fungsi pada Microsoft Office Excel 2007)

5.    Pertemuan Kedelapan

a.  Perangkat Lunak Pengolah Angka (Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif)

b.  Perangkat Lunak Presentasi (Pengenalan Microsoft Office PowerPoint 2007)

6.     Pertemuan Kesembilan dan Kesepuluh

Perangkat Lunak Presentasi (Membuat Slide Presentasi)

7.    Pertemuan Kesebelas dan Kedua Belas

Perangkat Lunak Presentasi (Mengolah Slide Presentasi: Menyisipkan Audio dan Video pada Slide Presentasi)

8.    Pertemuan Ketiga Belas dan Keempat Belas

Perangkat Lunak Presentasi (Mengolah Slide Presentasi: Mengatur Efek Animasi dan Transisi Slide, Durasi Presentasi, dan Membuat Tombol Navigasi pada Slide Presentasi)

9.    Pertemuan Kelima Belas

Penilaian Harian 2

e.   Metode Pembelajaran

   Berpusat pada peserta didik (Active Learning): demonstrasi, diskusi, dan praktik.

f.    Media Pembelajaran

1.           Gambar/ilustrasi, bacaan, dan lain-lain dalam Modul Pembelajaran Simulasi dan  
            Komunikasi Digital SMK/MAK Kelas X Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO

  1. Worksheet
  2. Lembar penilaian
  3. Laptop
  4. LCD
  5. Media pembelajaran lain yang relevan

g.  Sumber Belajar

1.      Buku teks bahan ajar siswa Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK/MAK

2.      Modul Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK/MAK Kelas X Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO

3.    Buku pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital yang relevan

4.      Buku-buku lain yang relevan

5.      Sumber belajar lain yang relevan (media cetak dan elektronik, serta lingkungan sekitar)

h.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 JP)

1.   Pendahuluan

a.       Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

b.       Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan perangkat lunak pengolah kata.

c.       Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari perangkat lunak pengolah kata dalam kehidupan sehari-hari.

d.       Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.

2.    Kegiatan Intl

a.     Pemberian Rangsangan (Stimulation)

1)     Guru memberikan gambaran mengenai perangkat lunak pengolah kata dalam kehidupan sehari-hari.

2)     Peserta didik mengamati Microsoft Office Word 2007.

3)     Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan Microsoft Office Word 2007.

b.     Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya:

1)      Apa saja fungsi Microsoft Office Word 2007?

2)      Apa saja bagian-bagian dari Microsoft Office Word 2007?

c.      Pengumpulan Data (Data Collection)

1)      Peserta didik mencari informasi mengenai Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya.

2)      Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi perangkat lunak pengolah kata.

d.     Pengolahan Data (Data Processing)

1)      Peserta didik berdiskusi mengenai bagian-bagian Microsoft Office Word 2007.

2)      Peserta didik mengoperasikan tiap-tiap bagian dari Microsoft Office Word 2007.

e.     Pembuktian (Verification)

Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi informasi mengenai fungsi dan bagian-bagian Microsoft Office Word 2007.

f.      Menarik Kesimpulan (Generalization)

1)        Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.

2)        Peserta didik• bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan materi Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya yang akan selesai dipelajari.

3)         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan bagian-bagian Microsoft Office Word 2007.

3. Penutup

a. Peserta Didik

1)        Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perangkat lunak pengolah kata yaitu Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya.

2)        Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.

b. Guru

1)   Memeriksa has tugas peserta didik untuk materi Microsoft Office Word 2007 dan bagian-bagiannya. 
2)   Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Microsoft Office Word 2007 dan bagian­bagiannya kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang baik.
Pertemuan Kedua dan ketiga (4 JP)

1. Pendahuluan

a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.

c. Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam kehidupan sehari-hari.

d.  Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.





2. . Kegiatan Inti

Kegiatan 1

a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1. Guru meminta peserta didik mengamati cara mengelola dokumen Microsoft Office   Word 2007.

2. Guru memberikan gambaran mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam kehidupan sehari-hari.

3. Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
 

b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana membuat dokumen dengan Microsoft Office Word 2007?

c. Pengumpulan Data (Data Collection)

1) Peserta didik mencari informasi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.

                2)  Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna 
                     menambah  pengetahuan dan pemahaman tentang materi cara mengelola dokumen Microsoft  
                     Office Word 2007.

d. Pengolahan Data (Data Processing)

1) Peserta didik berdiskusi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.

     2) Peserta didik mempraktikkan cara membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, membuka dokumen, menyalin dokumen, memindahkan dokumen, mencetak dokumen, dan mengatur batas margin halaman.

e. Pembuktian (Verification)

                1) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi cara mengelola  
                    dokumen Microsoft Office Word 2007.

               2) Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi informasi mengenai cara mengelola 
                  dokumen Microsoft Office Word 2007.

f. . Menarik Kesimpulan (Generalization)

1) Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.

       2 Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru    
           melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan 
           dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 yang akan 
           selesai dipelajari.

    3) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.



Kegiatan 2

a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)

1)   Guru meminta peserta didik mengamati cara memformat dokumen.

2)  Guru memberikan gambaran mengenai cara memformat dokumen dalam kehidupan sehari-hari.

3)  Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara memformat ' dokumen.

b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana memformat dokumen dengan Microsoft Office Word 2007?

c. Pengumpulan Data (Data Collection)

1)  Peserta didik mencari informasi mengenai cara memformat dokumen.

2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi cara memformat dokumen.

d. Pengolahan Data (Data Processing)

1)      Peserta didik rnempraktikkan cara membuat dokumen.

2)      Peserta didik mengerjakan tugas individu.

3)      Peserta didik mengerjakan soal-soal uji kompetensi.

e. Pembuktian (Verification)

1)      Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi cara memformat dokumen.

2)      Peserta didik dan guru ber'ama-sama membahas hasil tugas individu dan jawaban uji kompetensi.

f.. Menarik Kesimpulan (Generalization)

1)      Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.

2)      Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan cara memformat dokumen yang akan selesai dipelajari.

3)      Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara memformat dokumen.



3. Penutup

a.     Peserta Didik

1)   Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dan memformat dokumen.

2)   Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan herikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.

b. Guru

1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi cara mengelola dokumen Microsoft  
    Office Word 2007 dan memformat dokumen.

2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran cara mengelola dokumen Microsoft 
    Office Word 2007 dan memformat dokumen kepada peserta didik yang memiliki 
    kinerja yang baik.



EmoticonEmoticon