Saturday, December 30, 2017

RPP SIMKOMDIG K13 REV | RPP KD. MICROSOFT EXCEL




Pertemuan Kedua dan ketiga (4 JP)
1. Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
c. Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.


2. Kegiatan Inti
Kegiatan 1
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Guru memberikan gambaran mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana membuat dokumen dengan Microsoft Office Word 2007?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
1) Peserta didik berdiskusi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Peserta didik mempraktikkan cara membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, membuka dokumen, menyalin dokumen, memindahkan dokumen, mencetak dokumen, dan mengatur batas margin halaman.
e. Pembuktian (Verification)
1) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
2) Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi informasi mengenai cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.
f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.
2) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 yang akan selesai dipelajari.
3) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007.

Kegiatan 2
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati cara memformat dokumen.


2) Guru memberikan gambaran mengenai cara memformat dokumen dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara memformat ' dokumen.
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana memformat dokumen dengan Microsoft Office Word 2007?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai cara memformat dokumen.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi cara memformat dokumen.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
1) Peserta didik rnempraktikkan cara membuat dokumen.
2) Peserta didik mengerjakan tugas individu.
3) Peserta didik mengerjakan soal-soal uji kompetensi.
e. Pembuktian (Verification)
1) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi cara memformat dokumen.
2) Peserta didik dan guru ber'ama-sama membahas hasil tugas individu dan jawaban uji kompetensi.
f.Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.
2) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan cara memformat dokumen yang akan selesai dipelajari.
3) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara memformat dokumen.

3. Penutup
a. Peserta Didik
1) Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dan memformat dokumen.
2) Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan herikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dan memformat dokumen.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran cara mengelola dokumen Microsoft Office Word 2007 dan memformat dokumen kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang baik.

Pertemuan Keempat dan Kelima (4 JP)
1. Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan perangkat lunak pengolah angka.
c. Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari perangkat lunak pengolah angka dalam kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.

2. Kegiatan Intl
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati perangkat lunak pengolah angka, berupa Microsoft Office Excel 2007.
2) Guru memberikan gambaran mengenai manfaat Microsoft Office Excel 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan Microsoft Office Excel 2007.

b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Apa saja fungsi Microsoft Office Excel 2007?

c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai' Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi menu dan ikon pada Microsoft Office Excel 2007.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
Peserta didik berdiskusi mengenai cara mengaktifkan program Microsoft Office Excel 2007 dan menggunakan menu dan ikon pada Microsoft Office Excel 2007, serta mengenal operator pada Microsoft Office Excel 2007.
e. Pembuktian (Verification)
Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi cara menggunakan menu. ikon. dan operator pada Microsoft Office Excel 2007.

f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Guru memberikan penguatan terhadap hasil kegiatan peserta didik.
2) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan materi mengenal menu, ikon. dan operator pada Microsoft Office Excel 2007 yang akan selesai dipelajari.

3) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan materi mengenal menu. ikon. dan operator pada Microsoft Office Excel 2007.

3. Penutup
a. Peserta Didik
1) Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran menu, ikon, dan operator pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi mengenal menu, ikon. dan operator pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran mengenal menu, ikon. dan operator pada Microsoft Office Excel 2007 kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang baik.

Pertemuan Keenam dan Ketujuh (4 JP)
1. Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan formula dan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
c. Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari cara menggunakan formula dan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
2. Kegiatan Intl
Kegiatan 1
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati contoh formula pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Guru memberikan gambaran mengenai penggunaan formula pada Microsoft Office Excel 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007?

c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai formula pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dart berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
1) Peserta didik berdiskusi mengenai cara menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik mempraktikkan formula pada Microsoft Office Excel 2007.

e. Pembuktian (Verification)
1) Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dalam menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi hasil diskusi mengenai penggunaan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007 yang akan selesai dipelajari.
2) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan menggunakan formula pada Microsoft Office Excel 2007.
Kegiatan 2
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati contoh fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Guru memberikan gambaran mengenai penggunaan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007 dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.


d. Pengolahan Data (Data Processing)
1) Peserta didik berdiskusi mengenai cara menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik mempraktikkan cara menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
e. Pembuktian (Verification)
1) Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dalam menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Peserta didik dan guru bersama-sama memverifikasi hasil diskusi mengenai penggunaan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.

a. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007 yang akan selesai dipelajari.
2) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan menggunakan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
3. Penutup
a. Peserta Didik
1) Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran menggunakan formula dan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi formula dan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran formula dan fungsi pada Microsoft Office Excel 2007 kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang baik.

Pertemuan Kedelapan (2 JP)
1. Pendahuluan
a. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan materi menggunakan referensi absolut dan relatif, serta perangkat lunak presentasi.
c. Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari menggunakan referensi absolut dan relatif dalam kehidupan sehari-hari.
d. Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.



Kegiatan Inti
Kegiatan 1
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati contoh referensi absolut dan relatif.
2) Guru memberikan gambaran mengenai referensi absolut dan relatif dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara meng¬gunakan referensi absolut dan relatif.

b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan piida peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan rnateri yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Bagaimana cara menggunakan referensi absolut dan relatif?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai pengertian referensi absolut dan relatif.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi cara menggunakan referensi absolut dan relatif.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
1) Peserta diidk mengerjakan tugas individu.
2) Peserta didik mengerjakan soal-soal uji kompetensi.
e. Pembuktian (Verification)
Peserta didik dan guru membahas hasil tugas individu dan jawaban uji kompetensi yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan menggunakan referensi absolut dan relatif yang akan selesai dipelajari.
2) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan cara menggunakan referensi absolut dan relatif.
Kegiatan 2
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1) Guru meminta peserta didik mengamati contoh program Microsoft Office PowerPoint 2007.
2) Guru memberikan gambaran mengenai perangkat lunak presentasi dalam kehidupan sehari-hari.
3) Guru meminta peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perangkat lunak presentasi.
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan

dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: Apa saja fungsi Microsoft Office PowerPoint 2007?
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
1) Peserta didik mencari informasi mengenai pengertian Microsoft Office PowerPoint 2007.
2) Peserta didik mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi perangkat lunak presentasi.
d. Pengolahan Data (Data Processing)
Peserta diidk mempraktikkan cara mengaktifkan program Microsoft Office PowerPoint 2007.
e. Pembuktian (Verification)
Peserta didik dan guru membahas hasil pengamatannya mengenai Microsoft Office PowerPoint 2007.
f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
1) Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan Microsoft Office PowerPoint 2007 yang akan selesai dipelajari.
2) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian perangkat lunak presentasi berupa Microsoft Office PowerPoint 2007.
3. Penutup
a. Peserta Didik
1) Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran cara menggunakan referensi absolut dan relatif serta perangkat lunak presentasi.
2) Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b. Guru
1) Memeriksa hasil tugas peserta didik untuk materi menggunakan referensi absolut dan relatif serta perangkat lunak presentasi.
2) Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran menggunakan referensi absolut dan relatif serta perangkat lunak presentasi kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang balk.


EmoticonEmoticon