Wednesday, October 25, 2017

RPP SIMKOMDIG K13 REV 2017 | Perangkat Pembelajaran SIMKOMDIG K13 REV 2017



RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)  merupakan sesuatu yang baru bagi seluruh guru diindonesia baik guru pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Terlebih lagi bagi sebagian sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013 atau biasa dikenal dengan K13. Untuk sekolah yang menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang dikenal dengan KTSP RPP juga sudah digunakan. Namun RPP untuk kurikulum ini sedikit lebih berbeda dengan RPP K13 yang ada sekarang. Seperti contoh pada kurikulum tingkat satuan pendidikan belum ada yang namanya nilai pengetahuan dana keterampilan. Namun pada RPP K13 sudah ada nilai Keterampilan dan pengetahuan.
Dan mungkin sudah tidak abnormal lagi dikalangan sahabt guru di indonesia, karena dengan RPP inilah seorang guru dapat melaksanakan proses KBM sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tercapai tujuan dalam belajar. Selain itu penyusunan RPP tersebut dibutuhkan dapat meciptakan susara berguru mengajar yang inspiratif, menyenangkan, inspritatif, menantang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.

Penyusunan Rpp sendiri ketika ini masih diatur oleh permendikbud nomor 22-24 tahun 2016, namun terjadi perubahan atau revisi di anutan terbaru ini (2017/2018). Adapun perubahan didalam penyususunan RPP tersebut sudah harus terintegrasi Literasi, Higher Other Tinking Skills, pengutan abjad (PPk) dan 4c, serta harus dimunculkannya kembali KI.

Bagi teman guru yang mengajar simkomdig, atau beberapa yang mengampu mapel komunikasi digital (sebelum revisi terbaru) ada beberapa KD yang mencolok yang ada pada mapel Simkomdig K13 Rev ini adapun materi yang dibahas berdasarkan revisi 2017 diantaranya ialah
  • Algoritma dan Pemrograman komputer. Pada materi ini untuk sekolah yang bukan kompetensi keahlian teknik. Dirasa sangat berat untuk memberikan materi mengenai pemrograman komputer. Karena apa? Ya anak bisnis managemen di cekok untuk mempelajari pemrograman komputer. Jadi pada silabus ini saya buat siswa hanya mengetahui mengenai pemrograman komputer itu seperti apa. Bagaimana menerapkan pemrograman komputer. Pengertian algoritma itu saja. Serta ditambahkan materi tentang pembuatan flowchart. Jadi seandainya siswa sudah membuat sebuah algoritma sederhana dalam kehidupan sehari hari. Kemudian siswa melakukan persentasi mengenai algoritma yang telah mereka buat atau kerjakan menjelaskan tentang flowchart yang digunakan serta simbol simbol apa saja yang cocok atau sesuai dan dapat  digunakan untuk diterapkan pada algoritma yang mereka buat
  • Menerapkan peta minda. Pada materi peta minda ini. Kami mengulas materi mengenai peta minda itu apa. Cara kerja. Yang membedakan peta minda dengan flowchart itu apa.  Manfaat mempelajari peta minda itu seperti apa. Dengan peta minda ini siswa diharapkan dapat berfikir secara lebih luas. Lebih kompleks apabila menemukan suatu masalah. Sehingga siswa bisa mengembangkan apa yang seharusnya mereka kembangkan. Seperti contoh peta minda tentang rumah. Bagian utama dari suatu rumah itu ada apa saja misal nya ada ruang tamu. Didalam ruang tamu itu ada apa. Setelah didalam ruang tamu ada apa. Kemudian keterkaitan antara ruang tamu dan rumah itu apa. Dengan pola pemikiran yang seperti ini diharapkan nantinya siswa akan lebih berani. Siswa akan lebih mengerti jika mengalami suatu hambatan baik dalam pelajaran atau diluar sekolah mereka bisa memikirkan. Mencari menganalisa jalan keluar yang terbaik yang harus dilakukan untuk pemecahan masalah yang harusnya dilakukan seperti apa.
Untuk mengetahui dimana saja letak perubahan dalam penyusunan RPP revisi 2017, berikut ini kami sajikan pola untuk mata pelajaran (mapel) Sosiologi kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2017 yang sudah terintegrasi PPK (penguatan karakter), 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative), Literasi dan HOTS (High Other Thinking Skill).

This Is The Oldest Page

6 comments

JIKA ADA YANG INGIN FILE INI SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Saya mau Pak...bisa kirimkan ke email: arieprayatna1984@gmail.com atau ke WA 081253277944

mhn di share, hasri.abdulhamid@gmail.com

Kirimkan ke pitalis.herianto@gmail.com


EmoticonEmoticon