Wednesday, November 15, 2017

Menampilkan Ruler Pada Print Layout | Ruler Pada Microsoft Word

Ada Beberapa kasus yang sering kita jumpai mengenai permasalahan mengapa tidak tampinya sebuah ruler (Penggaris-Indonesia) pada aplikasi microsoft word baik itu pada aplikasi microsoft word 2003, 2007 sampai dengan versi office yang terbaru. memang fitur ruler ini sangat membantu ketika kita akan melakukan editing naskah atau melakukan pengaturan paragraf. terutama pada pengaturan margin atau batas Kertas. 

Margin itu sendiri sebuah fasilitas yang diberikan oleh microsoft khususnya microsoft word yang yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan batas kertas dari area pinggir atau tepi kertas ke bagian teks yang kita buat. sehingga kita sendiri yang bisa menentukan apakah batas kertas ini sudah sesuai dengan apa yang ingin kita buat. untuk melakukan atau menentukan batas margin kiri kanan atas, atau lebih dikenal dengan Top Margin, Left Margin, Right Margin, Bottom Margin untuk lebih lanjut mengenai materi dan cara pembuatan atau menentukan margin pada halaman microsoft word anda Bisa melihat pada postingan sebelumnya.

Kembali kepada topik bahasan pada postingan kali ini. pada postingan Menampilkan Vertikal Ruler Pada Aplikasi Microsoft Word 2007 yang harus kita lakukan adalah : 

  • Menampilkan Ruler Pada Horizontal Rulers in Print Layout.
  1. Klik Menu View Pada Toolsbar  - Kemudian Pilih Atau Check list menu Ruler. Kemudian akan tampil Ruler (Penggaris) yang telah kita buat pada  Horizontal Print Layout (Lembar kerja Microsoft word)
  • Menampilkan Ruler Pada Vertical Rulers in Print Layout
  1. Klik Office Button Pada Microsoft Word
  2. Kemudian Pilih Word Options 
  3. Kemudian Pilih advance - Scroll Kebawah cari menu Display
  4. Kemudian Ceklist (Pilih) menu Show Vertical Ruler in Print Layout

Tutorial Gambar : 
Gambar Horizontal Ruler in Print Layout

Gambar Office Button

Gambar Word Options
Tampilan Menu Display
Tested On : Office 2007 Version, Windows 64 & 32 Bit


EmoticonEmoticon